Sunday 30 November 2014

Bungin, Terpojok

Dusun ini terletak di daerah paling pinggir kecamatan Pakisjaya. Kecamatan Ini memiliki cakupan daerah yang cukup luas wilayah kerjanya. Termasuk dusun satu ini yang masih termasuk Desa Tanjung Pakis. Akses menuju ke dusun ini bisa ditempuh dua cara, dengan kurang lebih kondisi jalan seperti dibawah ini.


Yap, kami berbagi jalan dengan para kambing ataupun ternak lainnya yang melintas. Setidaknya jalan ini sudah diratakan meskipun kadang masih terdapat bolong kecil disana sini. Berbatasan dengan sungai Citarum yang diseberangnya terdapat kabupaten Bekasi, kami melihat langsung perbedaannya. Bekasi yang tergolong lebih matang baik dalam perencanaan dan eksekusinya, contohnya tentang akses jalan, memang berbeda dengan Karawang. Pun rumah-rumah yang dibatasi oleh sungai Citarum di kedua kabupaten juga terlihat mencolok perbedaannya, yang modern dan yang "ndeso". Memang, perhatian kedua pemerintahan kabupaten tidaklah sama untuk daerah paling pinggir mereka ini.

Setelah memasuki dusun ini, tipikal rumah yang akan terlihat akan terlihat di gambar dibawah ini



Masalah pelayanan kesehatan? 
Tentunya cukup banyak. Pertama, dikarenakan akses yang cukup sulit mereka tak jarang menunda pergi ke puskesmas untuk berobat, satu-satunya harapan hanyalah bidan yang ada di dusun sebelah. Kedua, kebanyakan dari penduduk dusun ini berpendidikan rendah yang berprofesi sebagai nelayan, sehingga tidak jarang mereka kurang mengerti pentingnya kesehatan. Meskipun sering diadakan posyandu, sering balita cakupan tidak hadir seluruhnya. Namun melihat partisipasi aktif kadernya, kami pun optimis keadaan ini masih bisa berubah. Ditambah lagi dengan suasana kekeluargaan yang kental dan menyenangkan di dusun Bungin ini, benar-benar meskipun di pojokan kecamatan Pakisjaya, mereka tidak merasa 'terpojok'.

Kami acungi jempol untuk perangkat desa disini. Mereka sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam menyambut program yang diusulkan oleh Pencerah Nusantara. Sehingga, sejak angkatan pertama, desa Tanjung Pakis ini bisa dibilang merupakan desa binaan kami agar nantinya menjadi percontohan bagi desa lain di Pakisjaya. Banyak program yang dilakukan disini, khususnya program STBM. Juga menyangkut pelayanan kesehatan, contohnya dengan pembinaan kader dan juga pelayanan tentang kespro yang direncanakan menyasar satu daerah di desa ini. Semoga ke depannya, dusun-dusun yang ada di desa ini, bisa berkembang lagi ke arah yang lebih baik terutama tentang pelayanan kesehatan dan pemberdayaan masyarakatnya.

Ya, demi ekspresi wajah dibawah inilah yang akan selalu ditemui


Ceria :)







@pawingg

0 komentar:

Post a Comment