Tuesday 1 September 2015

Cerita Juni, Juli, Agustus 2015 :)


Dear Agustus dan teman teman inspiratif di penjuru Nusantara

Tidak terasa hampir 3 bulan tidak ada postingan baru menemui blog ini. Entah kami yang terlena menikmati kehidupan di Pakisjaya atau apalah. Pokoknya sekarang mau sharing beberapa kegiatan di bulan-bulan kemarin ini. 


1. Survei SKM
Sejak bulan Juni –Juli 2015, tim PN turun ke semua desa se kecamatan Pakisjaya untk mengadakan Survei Kesehatan Masyarakat. Dimana masing-masing dari kami menemui responden ke rumah-rumah untuk bertanya tentang beberapa gambaran kesehatan di sekitarnya. Banyak lah ceritanya, mulai yang dari dikira agen sales sampai dibanjiri oleh-oleh buat di rumah (timun suri seabrek sampai makanan-makanan ringan).



Survei SKM di salah satu Desa
Cukup banyak kasus penyakit yang justru kami temui sepanjang perjalanan survei, yang mungkin luput terdeteksi oleh rutinitas Puskesmas. Selalu ditanyakan oleh para responden, “Kok ga bawa obat sih teh?”. Meski begitu, alhamdulillah, lancar semua terlaksana meskipun terik panas menerjang sampai insiden mesin pompa air rusak di rumah.


2. Survei PSP
Bersamaan dengan berakhirnya Juli, kami mulai menemui para responden dari setiap sekolah menengah baik pertama dan atas. Kedatangan kami ke setiap sekolah tersebut selalu dicurigai sebagai “Tim Suntik dari Puskesmas”. Sampai kebal sudah kami dilabeli seperti itu, meskipun tidak jarang yang sudah mengenali kami sebagai Tim Pencerah Nusantara.

Berkaitan dengan tema Kesehatan Reproduksi, Perilaku Seks Pranikah dan Rokok, tema-tema ini cukup diketahui oleh banyak teman-teman SMP dan SMA. Memang, kehidupan remaja disini cukup sering mendapat pengaruh dari tetangga kota ataupun terkontaminasi dari pengaruh buruk media informasi yang terlalu bebas. 
Survei PSP Di Salah Satu Sekolah Menegah
Sehingga dari hasil yang kami dapatkan, cukup untuk memberikan informasi balik dan edukasi kepada pihak sekolah, kecamatan dan daerah agar lebih memperhatikan lagi tentang Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di Karawang, khususnya Pakisjaya. Bagaimanapun juga seperti kata-kata bung Karno “berikan aku 1000 pemuda, maka aku akan memindahkan gunung. Berikan aku sepuluh pemuda yang cinta tanah air, maka akan aku guncang dunia”. Dunia kita, terutama tanah air kita dan seisinya bergantung pada pemuda dan pemudi selanjutnya.

3. HUT RI ke 70
Tanggal 17 Agustus 2015 merupakan peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang dirayakan oleh setiap warga negara Indonesia. Tak terkecuali di Pakisjaya. Setiap UPT yang berada di kecamatan ini dan juga perwakilan dari sekolah dan komponen masing-masing desa, berada di lapangan pakisjaya untuk menghadiri upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke 70.


Selanjutnya, kami bermain ke beberapa desa untuk melihat kemeriahan warga yang mengadakan kegiatan-kegiatan dalam rangka hari ulang tahun Republik Indonesia ini. Mulai dari yang permainan tradisional, panjat pinang di tengah sungai hingga music band untuk menghidupkan setiap desanya. Aaah, seru! 


Perayaan HUT RI ke 70 di desa Tanjung Bungin

Perayaan HUT RI ke 70 di desa Tanjung Mekar 


4. HUT Pramuka
Di kecamatan Pakisjaya, sudah merupakan rutinitas dalam mengadakan jambore tingkat kwartir ranting untuk setiap sekolah yang berada di Kecapatan Pakisjaya ini. Dan kami berkesempatan untuk mengikuti kegiatan yang terintegrasi bersama puskesmas ini dalam tim kesehatan.
 Pawai Obor Sebelum Kegiatan Api Unggun Di Jambore Kwarran 
 
  
Kreativitas Para Anggota Membuat Miniatur Tank Baja 

 
Kreativitas Para Anggota Membuat Miniatur Menara Pengintai
     

Melihat meriahnya hiasan para gudep dalam mengikuti kegiatan ini, kami terkagum-kagum akan kreativitas mereka. Mulai dari acara-acara lombanya yang ternyata menampilkan bakat-bakat terpendam Pakisjaya, hingga serunya permainan tradisional yang dijadikan kompetisi. Meskipun membawa beberapa korban dalam rangkaian kegiatan ini, juga kurang kondusifnya beberapa acara, tapi kami cukup bangga terhadap para anggota pramuka Pakisjaya. Semoga jaya selalu, Praja Muda Karana! 
 
 
Trofi Piala Umum Jambore Kwarran dalam Rangka HUT Pramuka ke 54 didapatkan oleh SMPN Satu Atap Kecamatan Pakisjaya  


5. Galeri Lain-lain
 Sholat Ied di Masjid Jami An Nur, Hari Raya Idul Fitri 1436 H
 
  
Salah Satu Anggota Bintang Pencerah Mengikuti Kegiatan Sabang Merauke Di Jakarta


Peliputan Program Bintang Pencerah oleh Media TEMPO 







Peliputan Program Optimalisasi Posyandu oleh Media KOMPAS






Semoga September ini benar-benar membawa ceria ke semua orang termasuk yang membaca blog ini. Ayo, menginpirasi!






dr. Dianing Latifah


0 komentar:

Post a Comment