Wednesday, 30 July 2014

Desalinator Imut : Alat Pengolahan Air Asin menjadi Air Tawar


Kegiatan kali ini adalah Pelatihan Desalinator Imut yaitu alat sederhana untuk mengubah air asin menjadi air tawar. Alat ini cocok untuk daerah pesisir yang airnya berasa asin. Seperti yang kita ketahui bahwa Pakisjaya adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Karawang yang terletak di pesisir utara kota pemerintahan. Kondisi geografis yang berupa pantai pesisir dengan mata pencaharian tambak dan pertanian menyebabkan air berasa asin dan berbau. Masyarakat sebagian besar menggunakan air tersebut untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, mencuci, memasak bahkan untuk di minum. Akan tetapi sebagian masyarakat menggunakan air isi ulang untuk minum yang tentunya menambah pengeluaran ekonomi masyarakat tersebut. Oleh karena itu, sebuah teknologi sederhana yang ditemukan oleh Geng Motor Imut” dari Kupang yang dapat mengubah air asin menjadi air tawar dan dapat diminum secara langsung sangat cocok untuk dikembangkan di daerah sperti Pakisjaya ini.  

Alat ini merupakan pemenang ke-4 dalam Bank Mandiri Young Technopreneur Award 2011 dan mendapatkan pernghargaan dari Menko Kesra pada tahun 2012. Oleh karena itu, kami dari Tim Pencerah Nusantara dengan kerjasama  mitra dari Mercy Corps Indonesia mendatangkan penemu alat tersebut untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat Pakisajaya.  Tentunya kami dari pihak pelaksana berharap kegiatan ini dapat menjadi model percontohan dan dapat dibuat oleh masyarakat guna meningkatkan akses air minum yang bersih dan sehat untuk diminum.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 6-9 Januari 2014 ini bertempat di kantor Desa Solokan dan dihadiri oleh peserta sebanyak 2 orang dari POKJA Sanitasi dan Air Bersih di 8 (delapan) desa yang ada di Kecamatan Pakisjaya, selain itu juga kegiatan ini dihadiri oleh kepala Desa Solokan  serta aparat pemerintah lainnya. 

Alat ini sangat sederhana dan bisa dibuat oleh masyarakat dengan bahan dan alat bisa didapatkan di lingkungan sekitar. Bahan bahan yang perlu di sediakan adalah Kayu balok, kayu papan, bambu, plastik hitam, plastik bening, kaca, seng plak, arang aktif, selang, ember, corong, lem, dan paku. Adapun alat yang perlu disediakan adalah gergaji, kapak, parang, pisau, palu, bor, dan meteran. 

Cara pembuatannya adalah bahan dirangkai seperti yang tampak pada gambar. Cara penggunaannya adalah dengan mengisi air sekitar 70% dari wadah alat tersebut kemudian di simpan di tempat yang terkena sinar matahari. Kapasitas produksi alat ini adalah dari sekitar 35 liter air asin dapat menghasilkan seiktar 12 liter air bersihdan dapat langsung diminum.
 @dhikaaja

5 komentar:

PT Water Hitecindo said...

PT Water Hitecindo adalah perusahaan spesialis yang bergerak dalam bidang pengolahan air bersih dan pengolahan air limbah. Kami menyediakan perlengkapan dan peralatan pengolahan air serta perancangan untuk water treatment plant seperti Water Filtration System, Reverse Osmosis Plant, Mineral Water Plant, Water Softening Plant, Demineralisation Plant dan Sewage Treatment Plant - See more at: http://www.waterhitecindo.com

Tirtayasa Filterindo said...

TIRTAYASA FILTERINDO adalah badan usaha resmi yang bergerak dalam bidang pengadaan peralatan pengelolaan air bersih dan pengelolaan air limbah serta perlengkapan industri lainnya - See more at: http://www.tirtayasafilterindo.com

Taufik Ismail said...

kurang jelas gambarnya, sebaiknya ditampilkan kerangka, tampak depan, dan sampingnya. terima kasih

BASRI ENI said...

minta kontaknya dong.kami jg berharap bisa diberika pelatihan

Rajawali frp said...

PT. RAJAWALI FIBREGLASS adalah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yang memproduksi kebutuhan perusahaan anda seperti: Pengolahan limbah, penampungan air, toilet portable, dan berbagai lainnya sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Post a Comment