Wednesday 30 July 2014

Duta Sanitasi : Agen Perubahan untuk Pakisjaya STOP BABS 2015


 Pembinaan Duta Sanitasi dan Dokter Cilik adalah sebuah program yang bertujuan untuk memberikan pemicuan Stop Buang Air Besar Sembarangan (STOP BABS) di kalangan anak sekolah dasar. Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka di bentuklah sebua wadah sebagai kegiatan ektrakurikuler di sekolah yaitu kelompok duta sanitasi dan dokter cilik dengan kegiatan-kegiatan kegiatan yang menarik yang dapat membuat siswa senang dan memiliki kesadaran untuk tidak buang air besar sembarangan.  
Kegiatan ini dilaksanakan karena banyaknya anak-anak usia sekolah yang menggunakan irigasi untuk mandi, mencuci, dan bahkan buang air besar sembarangan. Oleh karena itu, dengan  membentuk kelompok duta sanitasi dan dokter kecil di sekolah diharapkan dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.
Kegiatan yang dilaksanakan sejak bulan Desember 2013 oleh Tim Pencerah Nusantara dengan kerjasama mitra dari NGO Mercy Corps ini meliputi  8 dari 22 sekolah dasar yang ada di Pakisjaya. Jumlah pesertanya adalah 5 orang Duta Sanitasi dan 5 Orang Dokter Cilik setiap sekolah sehingga jumlah seluruhnya adala 40 Duta Sanitasi dan 40 Dokter Cilik. 
Ada pun tahap kegiatan ini adalah dengan membentuk kelompok duta sanitasi dan dokter cilik, setelah itu diadakan pelatihan dengan materi terkait kebersihan diri dan lingkungan serta pertolongan pertama pada kecelakaan. Metode pelatihannya pun dibarengi dengan bina suasana dengan permainan yang menyenangkan, menggunakan lagu yang terkait PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang diataranya adalah lagu cuci tangan pakai sabun. Selain itu juga diadakan pemutaran film “Si Boling”, film yang menceritakans sekelompok bocah lingkungan yang awalnya memilki kebiasaan buang air besar sembarangan hingga pada akhirnya memiliki kesadara untuk tidak buang air besar sembarangan dan mengajak teman-temannya untuk  Stop BABS 

1 komentar:

Unknown said...

nemu blog ini setelah sekian tahun....

masih dengan, semangat tanpa batas

Post a Comment