Tuesday 29 July 2014

Bank Sampah "PAKISJAYA BERSINASR"

Wilayah Kecamatan Pakisjaya adala salah satu kecamatan yang memiliki masalah terkait sampah dan kebersihan lingkungan. Belum tersedianya tempat pembuangan sampah sementara (TPS) dan truk pengangkut sampah maka sampah-sampah yang dihasilkan masyarakat hanya dapat dibakar, dikubur atau bahkan dibuang ke sungai atau laut sehingga menimbulkan berbagai masalah. Oleh karena itu karang taruna Fusaka Fortuna yang diinisiasi oleh Tim Pencerah Nusantara menggagas pembentukan Bank Sampah “ PAKISJAYA BERSINAR”. Berinar merupakan singkatan dari “Bersih, Sehat, indah, Asri, dan Ramah.”

Program ini bersifat berkelanjutan dengan memberdayakan pemuda yang ada di kecamatan pakisjaya. Kegiatan ini juga di dukung oleh pemerintah daerah dinas cipta karya dengan bantuan mesin pencacah sampah plastik. Mesin pencacah plastik ini diambil di kantor dinas cipta karya pada tanggal 25 Oktober 2013 yang diambil langsung oleh Tim Pencerah Nusantara bersama anggota Karang Taruna. Alat ini terdiri dari 2 unit, 1 unit berfungsi sebagai pemilah sampah, dan yang satunya berfungsi sebagai pencacah sampah.
Kegiatan ini akan melalui berbagai rangkaian kegiatan, mulai tahap persiapan, sosialisasi, pembentukan pengurus, pelatihan pengelola, launching dengan rangkaian kegiatan lomba tempat sampah kreatif dan lomba mendaur ulang sampah hingga ke tahap pengembangan. Adapun rangkaian kegiatan yang sudah terlaksana sebagai berikut :
1.      Pengambilan alat mesin pencacah sampah di kantor Dinas Cipta Karya. 
2.      Tahap sosialisasi ke tingkat desa dan tingkat kecamatan. Sosialisasi awal tingkat desa dilaksankan pada tanggal 13 November 2013  di Desa Tanjung Pakis, tanggal 20 November 2013 di Desa Solokan. 27 November 2013 di Desa Tanjung Mekar,  Tanggal 4 Desember di desa Teluk Buyung, serta sosialisasi awal tingkat kecamatan pada tanggal 17 Desember 2013 di kantor Kecamatan Pakisjaya.
3. Tahap kegiatan selanjutnya adalah Persiapan berupa pengajuan proposal ke berbagai pihak guna mendapatkan dukungan demi terlaksananya kegiatan ini. Penyusunan proposal ini dilaksanakan sejak tanggal 13-24 Desember 2013. 
 4.      Tahap Survei ke pengepul sampah 
Survei ke pengepul sampah merupakan salah satu rangkain kegiatan dalam rangka mendirikan Bank sampah. Kegiatan yang dilaksanakan  pada tanggal 24 Desember 2013 ini bertujuan untuk mengetahui gambaran awal proses distribusi sampah dari pelapak kecil ke pelapak besar hingga ke pabrik. Di Kecamatan Pakisjaya hanya terdapat 2 pengepul besar yang terletak di Desa Teluk Buyung. Pengepul ini yang nantinya menyetor sampah ke pelapak yang lebih besar di tingkat kabupaten bahkan ke Pabrik. Hasil dari kegiatan ini menjadi dasar dalam membuat perencanaan pemasaran hasil produksi “Bank Sampah”@dhikaaja

0 komentar:

Post a Comment