Thursday 31 October 2013

Yuk Pesiar ke Tanjung Pakis!

Pantai Tanjung Pakis
 Kalau sebelum ini belum pernah dengar tentang Tanjung Pakis, mungkin setidaknya pernah ingat ada berita tentang paus terdampar sekitar pertengahan tahun 2012 kemarin. Paus ini tidak salah memilih tempat mendamparkan diri. Bagaimana tidak? Pantai ini cukup cantik, seperti memiliki private beach di ujung utara Kabupaten Karawang hehe.. Dan kami pun, Pencerah Nusantara Karawang, tidak berkeberatan terdampar setahun di wilayah ini.
Pantai Tanjung Pakis dapat dicapai sekitar 3 jam dari Jakarta. Ada 2 jalur yang dapat ditempuh menuju Tanjung Pakis. Yang pertama, melalui rute Jakarta-Kawarang ke arah Rengasdengklok. Naiklah bus dari Jakarta dan turun di terminal Tanjung Pura Karawang, lalu berganti dengan angkutan kota ke arah Rengasdengklok. Setelah itu naik angkutan pedesaan ke Batujaya dan dilanjutkan dengan ojek sampai ke Pantai Tanjung Pakis. Total biaya yang diperlukan untuk transportasi dari Jakarta melalui rute ini sekitar 75 ribu rupiah. Rute lain yang dapat dipilih adalah melalui Cikarang. Dari Jakarta pilihlah bus ke arah Terminal Cikarang, lalu perjalanan dilanjutkan dengan angkutan mobil elf menuju Batujaya dan berganti dengan ojek sampaike Pantai Tanjung Pakis. Jika memilih jalur ini pun perkiraan total biaya yang diperlukan hampir sama dengan melalui Karawang.
Barisan Pohon di Sepanjang Pantai
Setelah mencapai Pantai Tanjung Pakis, Anda dapat bermain di pantai sepuasnya, mencoba banana boat, dan tidak ketinggalan wisata kuliner. Ada banyak warung di sekitar pantai yang menyajikan menu makanan laut mulai berbagai macam ikan, cumi, udang, dan sebagainya. Jika ingin berenang di pinggir laut juga tidak masalah karena terdapat fasilitas kamar bilas yang bisa ditemui di berbagai sudut Pantai Tanjung Pakis. Lelah selama perjalanan menuju pantai dan masih ingin menikmati keindahan pantai lebih lama lagi? Anda bisa menginap di pondokan Bia Bio tanpa harus membayar mahal, cukup Rp. 200.000 rupiah per malam dengan fasilitas kamar ber-AC yang bersih. Sebelum pulang, Anda juga bisa membeli buah tangan berupa kerajinan kerang yang dijual di kios Pak Boros atau memborong ikan asin dan terasi hasil produksi lokal masyarakat Tanjung Pakis. Dalam perjalanan meninggalkan pantai, ada timun apel yang juga bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Timun apel ini merupakan hasil perkawinan timun dan apel yang bentuknya menyerupai melon kecil tapi ada rasa apelnya. Patut dicoba.
14/01/2013

0 komentar:

Post a Comment