Monday 28 July 2014

Pemetaan Sanitasi Dan Air Bersih


Buang air besar sembarangan (BABS) merupakan suatu kebiasaan yang susah diubah di masyarakat.  Pemicuan dengan metode CLTS (Community Led Total  Sanitation) atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan suatu metode untuk memberikan pemahaman kepada maysarakat agar masyarakat dapat mengerti akan bahaya buang air besar sembarangan dan mau sadar untuk berhenti buang air bsesar sembarangan dan mengunakan air bersih.
Pembuatan peta air bersih dan sanitasi ini merupakan salah satu langkah awal dalam melaksankanan pemicuan dengan metode CLTS tersebut dengan tujuan untuk mengetahui kondisi ligkungan di masyarakat.   Selain itu tujuan pemetaan ini adalah untuk membuat perencanaan  dalam melaksanakan pemicuan agar dapat tepat sasaran.
Kegiatan ini dilaksanakan langsung ke desa dengan menemui kepala dusun, kepala RT, dan tokoh-tokoh masyarakat yang lebih tau dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Adapun data-data yang dibutuhkan dalam peta ini adalah letak rumah yang diberi tanda rumah pada peta, tanda rumah yang berwana merah merupakan penduduk yang ekonominya menengah ke bawah, dan yang berwarna biru adalah yang menengah ke atas. Selain itu hal yang terpenting adalah menandai rumah yang memiliki WC dan Sumber air bersih, dan jika tidak memiliki WC maka diberi tanda panah ke mana arah buang air besar, apakah ke kali, kebun, atau ke pantai. 

Pemetaan ini telah berjalan sebanyak 6 kali yang dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2013 di Dusun Bungin RT 02 dan 05, Tanggal 5 Desember di Dusun Mekar Jaya RT 01 dan 02, tanggal 06 Desember 2013 di Dusun Karangjaya RT 02 dan 03,  tanggal 07 Desember 2013 di Dusun Sompek RT 01 dan 02, tanggal 12 Desember 2013 di Dusun Karangjaya  RT 01, Tanggal 13 Desember 2013 di Dusun    Karangjaya 04

 @dhikaaja        

0 komentar:

Post a Comment