Monday 28 October 2013

Q-Rangers: Semangat tanpa Batas!

 
Pencerah Nusantara Karawang: Ardi, Ninung, Hamra, Tyas, Andika

Setelah melewati perjalanan yang penuh kenangan (mulai dari jalanan macet ibukota, jalan bebas hambatan, masuk kota Karawang yang sedikit macet, hingga jalan ‘goyang karawang’ di Kecamatan Pakisjaya) sampailah kami di basecamp PN Karawang. Kami disambut kakak-kakak PN1, ada Kak Stef, Mba Zuni, Kak Sindi, dan Mas Aji.
Oke, here we are... Pencerah Nusantara #teamKarawang angkatan kedua yang menyebut dirinya sebagai Q-Rangers. Seperti tim-tim yang lain, kami terdiri dari 5 orang, ada dr. Ardi, perawat Tyas, bidan Hamra, Dika dan Ninung sebagai pemerhati kesehatan. Berikut adalah profil singkat kami.

1. Ardi Fredi – Dokter Umum

Dokter asal FK UKRIDA angkatan 2003 ini lahir di Pontianak, 4 Oktober 1985, besar di kota kelahirannya hingga SMU dan melannjutkan perguruan tingginya di Jakarta. Bekerja sebagai dokter PTT daerah di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, bertugas sebagai dokter jaga di RS PRATAMA dan bekerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan Sintang sebagai dokter klinik pada tahun 2011 – 2013. Suka mancing, berburu, dan bertualang. “Selalu mengucapkan syukur”, itu kata-kata yang selalu ditanamkan dalam pikirannya. 

2. Evi Prihatiningtyas – Perawat
 Evi Prihatiningtyas, biasa dipanggil “tyas”, lahir di Lumajang pada tanggal 2 maret 1988. Menyelesaikan pendidikan diploma 3 keperawatan di Akademi Keperawatan Pemkab Lumajang dengan gelar Ahli madya keperawatan. Perempuan tangguh, aku sering disebut begitu, perawakan kecil tak menghalangiku melakukan segala hal, tidak pula dapat membendung mimpi-mimpiku yang melayang tinggi, pun tak dapat menghentikan kakiku tuk terus berlari mengejar segala mimpi itu. Menyerah tak pernah ada dalam kamus hidupku, mengantarkan pada segala pencapaianku. Praja muda karana mengawali berkobarnya merah putih di dadaku, Saka Bhakti Husada mengalirkan darah keperawatan. Masa remaja habis dalam medan laga, meraih berbagai penghargaan dan mengikuti segala macam organisasi dan kegiatan. Kini di awal dewasaku saatnya melakukan sesuatu untuk negeri, bersama Tim Pencerah Nusantara ku ingin wujudkan itu. 

 3. Nurasma Hamrayati - Bidan

Jakarta adalah tempat kelahiranku, setelah 19 tahun kemudian aku menginjaknya lagi berkat Pencerah Nusantara. Aku lahir tanggal 27 September 1991 dan terlahir sebagai sosok yang menyukai petualangan dan sosialisasi di lapangan. Akhir pendidikanku dan berbagai aktivitas organisasiku dihabiskan di jurusan kebidanan Poltekkes Kemenkes RI Padang tahun 2012, yang telah membawaku menjadi seorang bidan junior yang masih minim pengetahuan dan pengalaman. Hari-hari kosong aku isi dengan berbagai kegiatan menjadi seorang relawan medis dan non medis di beberapa organisasi seperti Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Pekanbaru, Rumah Zakat Padang, serta menjadi Inspirator di Kelas Inspirasi Padang. Dari berbagai organisasi inilah yang memperkenalkanku untuk menjadi seorang pencerah nusantara. Disinilah aku mulai mewujudkan cita-cita dan harapanku serta bertekad  untuk ikut dalam perubahan Indonesia yang lebih sehat.

4. Andika – Pemerhati Kesehatan

 Pemerhati Kesehatan asal Universitas Hasanuddin Makassar, Fakultas Kesehatan Masyarakat Jurusan Epidemiologi Angkatan 2006.  Lahir di Amparita, 07 Mei 1987, Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan. Ia Mulai berpetualang selepas SMA tahun 2006  dengan melanjutkan kuliah di Kota Makassar tahun 2010. Setelah kuliah ia memulai pengalaman kerjanya sebagai Fasilitator Desa Siaga Program DHS-2 (Second Decentralized Health Service) di Kementerian Kesehatan Wilayah Provinsi Sulawesi Barat Pada tahun 2011. Tahun 2012 ia kembali memulai kariernya sebagai Fasilitator Kesehatan program PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) di Kementerian Pekerjaan umum Wilayah Provinsi Sulawesi Barat dan akhirnya menjadi Pencerah Nusantara Tahun 2013.

5. Siti Nurokhmah – Pemerhati Kesehatan

Alumni Program Studi Gizi FKM UI angkatan 2009 yang biasa dipanggil Ninung ini lahir pada 8 Mei 1991 di Kebumen. Setelah menamatkan jenjang SMA-nya, sulung dari dua bersaudara ini melanjutkan kuliah di Kampus UI Depok. Semasa kuliah, pernah terlibat sebagai pengurus di ILMAGI, NURANI FKM UI, KSM EP UI, dan SALAM UI. Selain itu, ia juga berkesempatan ambil bagian dalam program Kuliah Kerja Nyata UI di daerah perbatasan RI-RDTL pada tahun 2012. Kuliah di Gizi dan K2N merupakan pengalaman berharga yang mengantarnya bergabung di Pencerah Nusantara selepas lulus pada Juli 2013 ini. 

Meskipun kami berasal dari daerah dan kampus yang berbeda, kami akan selalu berusaha untuk memahami masing-masing anggota dan ber#semangattanpabatas untuk Pakisjaya!


0 komentar:

Post a Comment