Monday 28 October 2013

Puskesmas Pakisjaya: Rumah Baru Tempat Kami Berbagi

PN 1 dan 2 di Depan Puskesmas Pakisjaya
Puskesmas Pakisjaya merupakan salah satu puskesmas yang ada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Puskesmas Pakisjaya yang beralamatkan di Jalan Pasar Cabang Desa Tanjung Bungin Kecamatan Pakisjaya memiliki potensi yang besar sebagai tempat pelayanan kesehatan karena terletak di pesisir utara dan berjarak 70 km dari RSUD Karawang sehingga masyarakat dapat mempergunakan fasilitas kesehatan ini daripada harus berjauh-jauh ke kota.
Saat ini Puskesmas Pakisjaya memberikan pelayanan rawat jalan, pemeriksaan kehamilan, serta pelayanan kesehatan ibu dan anak setiap Senin sampai dengan Sabtu pada jam kerja. Dengan status puskesmas PONED (Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergensi Dasar), Puskesmas Pakisjaya memberikan pelayanan persalinan 24 jam yang ditolong oleh bidan-bidan terlatih dan berpengalaman. Selain itu, ada juga pelayanan USG setiap Rabu, imunisasi setiap Rabu dan Jumat, pemeriksaan laboratorium, serta skrining dan pengobatan TBC. Dan sebagai pusat kesehatan masyarakat, Puskesmas Pakisjaya menyelenggarakan senam bersama yang terbuka untuk umum setiap Jumat jam 7 pagi sampai dengan selesai.
Bagian dalam Puskesmas
Puskesmas Pakisjaya memiliki 39 orang pegawai yang terdiri dari 15 orang PNS, 8 orang PTT, dan 16 orang tenaga sukarelawan. Berdasarkan profesinya, pegawai Puskesmas Pakisjaya terdiri dari 1 orang kepala puskesmas, 1 orang kepala sub bagian TU, 2 dokter umum, 16 orang bidan, 13 orang perawat, 1 orang gizi, 1 orang juru imunisasi, 1 orang pekarya, 1 orang sopir, 1 orang keamanan, dan 1 orang kebersihan. Bersama dengan Pencerah Nusantara Team Karawang, Puskesmas Pakisjaya akan terus berbenah dan memaksimalkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

0 komentar:

Post a Comment