Monday 24 March 2014

Duta Sanitasi: Agen Perubahan untuk Praktik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Bersama Duta Sanitasi dan Guru Pendamping setelah Pelatihan
Pelatihan Duta Sanitasi merupakan pelatihan bagi perwakilan siswa-siswi 8 Sekolah Dasar se-kecamatan Pakisjaya yang mendapatkan intervensi berupa infrastruktur sanitasi (WC dan tempat cuci tangan). Menjadikan mereka agen perubahan yang mengajak teman-teman serta keluarga untuk dapat memperaktekkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai gaya hidup, sekaligus menjadikan mereka dokter kecil di sekolah.
Kegiatan ini bekerjasama dengan Mercy Corps sebagai penyedia dana membangun infrastruktur sanitasi dan pengadaan pelatihan duta sanitasi.
Antusiasme Peserta Mengikuti Pelatihan
Mereka belajar berbagai materi berhubungan dengan pengetahuan PHBS dan sanitasi, antara lain perpindahan kuman dari tinja kemanusia, cara cuci tangan yang benar dan menyenangkan, pengenalan alat P3K dan praktek perawatan luka yang benar. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Para guru juga tidak kalah antusiasnya. Di akhir pelatihan, kami me-review semua materi yang telah disampaikan dan dari sini kami mengetahui para peserta mampu menangkap materi yang disampaikan dengan baik.
Setelah pelatihan gelombang pertama ini, kami juga akan terus melakukan refreshing materi pelatihan di kesempatan yang akan datang secara periodik. Dengan ini, kami berharap selain membangun sarana sanitasi, siswa-siswanya juga perlu dibangun kapasitasnya agar mereka mampu menjaga sarana yang ada dan memelihara perilaku hidup yang bersih dan sehat khususnya di lingkungan sekolah mereka.


0 komentar:

Post a Comment