Monday 3 November 2014

Hamparan Empang

Semangat pagi? INDONESIA!!!

Karawang pagi ini, hari Senin tertanggal 13 Oktober. Pagi-pagi kita di rumah sudah sibuk bersiap-siap untuk berangkat ke Posyandu Telaga Jaya. Tepatnya di pos berapa juga aku belum tahu, jadi ikut arahan dari Fitri selaku koordinator bidang kesehatan ibu dan anak. 

Seperti biasa, karena posyandu dimulai pukul 08.00, berangkat lah kami 30 menit sebelumnya. Sampai disana, kami melakukan pembagian tugas untuk mengoptimalkan pelaksanaan. Namun setelah 1jam berjalan dan kami masih akan berlanjut ke posyandu selanjutnya, aku, Dila dan Happy dipanggil ke puskesmas untuk bertemu dengan koordinator pelaksana pustu untuk perencanaan pelaksanaan poskesdes. Dan berangkatlah kami bertiga dengan si kuning kesayangan. Dari sini cerita itu dimulai, eng ing eng...

Akses memasuki Telaga Jaya ada 2 setahuku yang sudah diajarkan oleh PN 2, melewati jalan raya dekat dengan Telaga Buyung atau jalan sawah yang tembus dari Solokan. Ceritanya, tadi kami sudah masuk melewati dekat jalan yang dekat dengan Teluk Buyung, maunya nyoba ke jalan yang tembus ke Solokan. Dan berangkatlah kami sambil sedikit ngebut karena panasnya Pakisjaya yang super! 
Sampai di pertengahan, ternyata jalannya dicor! Oh my, lewat mana lagi nih?

Setelah 2x putar balik cari jalan, nanya bapak sini, nanya ibu situ, sampai tanya ke pns berbaju linmas hijau-hijau (secara hari itu hari senin, wajar lah ya), disarankan lah kami untuk cari jalan tembus deket sd di arah wagir. Modal nekat, berangkatlah kami. Dan ternyata ini yang kami temukan.
Awalnya kami ketemu para petani yang lagi memanen sawah


Namun setelah beberapa saat kami jalan terus lurus setelah petunjuk beberapa petani yang mengarahkan jaln, kita mulai bertanya-tanya, kok ini kita di tengahtengah empang semua? Kemana ini jalan keluarnya? Kok petunjuk-petunjuk yang dibilang orang-orang tadi ga ketemu ya? Malah semakin lama, semakin sempit jalannya yang kita lalui.. 


Setelah nyoba kesana dan kemari, melewati empang sana dan empang sini.. Akhirnya kami ketemu jalan yang agak besar dibandingkan yang tadi, seperti yang di belakang Dila di foto bawah ini


Dan bisa dibayangkan kan ya, bagaimana status kesehatan para warga sekitaran sini? Tentang pengetahuan kesehatannya, tentang dimana fasilitas kesehatan yang bisa dijangkau sewaktu-waktu bila ada kondisi gawat atau darurat, juga tentang kesehatan dasarnya sehari-hari, bagaimana?
Semoga sisa 11 bulan ke depan, pencerah nusantara benar-benar bisa memberikan manfaat untuk orang-orang sekitar kami. 

Aamiin.






 @pawingg
 pawing@facebook.com

0 komentar:

Post a Comment